Apa itu Game Multiplayer?

Share

Crysis-Multiplayer-1-iconGame multiplayer memiliki arti game yang dimainkan oleh lebih dari satu orang pemain secara bersama-sama. Dikatakan multiplayer jika ada 2 orang atau lebih ketika bermain, 1 orang atau lebih pemain bermain dengan AI (Artificial Intelligent) pada game. Multiplayer juga bisa tanpa network yakni biasanya pada game console. Bisa jadi layar dibagi jumlah maksimal pemain, atau satu layar dengan tiap karakter pemain ada di layar yang sama.

Kategori multiplayer game dibagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan kuantitas pemain. Cooperative gameplay, pemain bermain game sendiri dan terdapat AI di dalam game yang tergabung dalam kerja sama tim untuk menyelesaikan sebuah misi. Misalnya game Call of Duty yang terdahulu, di mana pemain menjadi seorang prajurit dan akan ada prajurit lain yang bertindak berdasarkan AI. Pemain harus bisa sebaik mungkin melakukan kerja sama dan berstrategi.

Pada kategori multiplayer online game, terdapat game server yang terhubung via internet sehingga dapat berkomunikasi dengan pemain lain dari seluruh dunia. Multiplayer online game, disingkat MOG, diantaranya adalah Counter-strike, warcraft 3, starcraft, battlefield 2, call of duty 2. Durasi permainan MOG tidak terlalu lama, di mana biasanya ada round atau map yang memiliki karakter dan goal berbeda-beda tergantung dari type karakter atau clan yang dipilih.

Setingkat setelah MOG tetapi jauh lebih kompleks yakni Massive Multiplayer Online Game atau disingkat MMOG. MMOG dapat mengumpulkan banyak pemain dalam satu waktu dengan menggunakan internet. Game-game yang tergolong ke dalam MMOG di-cluster lagi berdasarkan genre dari game. Yang sering kita dengar misalnya, Massive Multiplayer Online Role-Playing Game atau disingkat MMORPG, salah satu contohnya yang paling terkenal sekaligus fenomenal yakni Ragnarok Online. Pemain memulai game dengan memilih karakter laki-laki atau perempuan. Kemudian dengan mengumpulkan zeni(gold) dan items, berpetualang dari satu kota ke kota lain, satu pulau ke pulau lain, untuk memilih job yang diminati pemain. Jika kita memainkannya kita dapat berkomunikasi dengan pemain lainnya salah satunya via chatting online. Game ini memiliki performansi yang stabil didukung grafis yang bagus. Contoh yang sedang menjadi trend di dunia yakni MMORPG World of Warcraft. Setiap pemain menjadi hero yang dapat ia kembangkan. Antar pemain dapat berkomunikasi dan berinteraksi lainnya melaui dunia game. Untuk MMORPG lainnya dapat dilihat di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_MMORPGs karena saat ini sudah ada banyak sekali.

Untuk MMOG genre lain, seperti first person shooter (contohnya world war II online), real-time strategy (contohnya evony), sport game (contohnya mulai dari basket ball, hingga golf), Racing (contohnya test drive: unlimited, need for speed online), rhythm game (contohnya dance dance revolution online, audition online), management / simulation game (the sims online), social game (second life, dengan teknologi web generasi 3). Efek samping juga bermunculan dari adanya multiplayer game, seperti virtual economy, di mana ada interaksi ekonomi seperti berdagang pada dunia nyata.

Terobosan untuk multiplayer dilakukan oleh pihak microsoft yakni dengan multiPoint. Dengan multipoint yang berjalan di atas platform .net, maka banyak pemain dapat bermain sekaligus untuk sebuah PC atau xbox di tempat yang berdekatan tentunya. MultiPoint ini awalnya ditujukan untuk membangun pendidikan. Tetapi karena dibangun di atas .net framework maka multiPoint dapat digunakan pada programming di XNA yang kemudian di deploy ke PC, notebook, Zune, dan Xbox.

Seorang gamer akan memperoleh experience yang berbeda ketika bermain game single-player dan multiplayer, dikarenakan faktor interaksi, dinamika, dan how-to-win dari game yang sedang dimainkan.

Contoh Game Multiplayer

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>